Lain-Lain Namanya

Foto di atas berjudul “Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya”. Di Bandung, sarana transportasi umum di atas disebut angkot (Angkutan Kota). Akan tetapi, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, di Sangatta, Kutai Timur sarana ini di sebut Taxi.

Sepertinya pemilik taxi ini sudah menduga suatu saat ada yang iseng mengambil gambar dan berkomentar mengenai perbedaan nama itu sehingga ia segera menempekan sticker bertuliskan “sama saja“, apalah arti sebuah nama selama fungsinya sama.

Ah, bagiku perbedaan ini sesuatu yang unik. Pendatang baru selalu dibuat terkejut olehnya, “Bukan main orang-orang di Sangatta, ke pasar saja naik taxi”. Di Pekalongan, sarana ini disebut omprengan (mungkin penamaan ini muncul karena bunyi benturan antar kerangka besinya ketika berjalan).

Rupanya, sticker “sama saja” itu menjelaskan sesuatu yang lain dan saya sepakat mengenai hal ini. Di mana pun kotanya, apapun namanya, angkutan kota yang dapat dihentikan oleh penumpang hanya dengan berkata “Kiri… Kiri…” sering berhenti mendadak.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

One response to “Lain-Lain Namanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: