Ikut Presentasi Wisuda HMS

Sebentar lagi saya di wisuda, sebagai anggota HMS tentu saja wisuda dan perayaannya merupakan sesuatu yang (seharusnya) menyenangkan. Terlebih lagi, tradisi di HMS membuat wisudawan/i bak raja dan ratu yang berhak meminta apapun. Rangkaian tradisi wisuda HMS dimulai dari japrem wisuda, wisnight dan wisday. Bagi saya, rangkaian tersebut dimulai sejak presentasi wisuda.

Karena saya sudah sedang bekerja di luar P. Jawa, tentu saja saya tidak ikut presentasi wisuda. Saya sendiri ragu apakah sebenarnya saya ingin ikut presentasi wisuda atau tidak, tetapi ada hal yang saya pikirkan. Dari dulu, perayaan wisuda selalu dibungkus dengan kata “apresiasi” yaitu memberikan apresiasi ke wisudawan/i yang disajikan melalui interaksi. Banyak pertanyaan yang ingin saya bahas, sekedar iseng karena tidak bisa ikut presentasi, yang pertama adalah apakah wisudawan/i (sekarang) betul-betul membutuhkan apresiasi saat perayaan wisuda?

Saya rasa apresiasi itu seharusnya tidak diberikan atau ditekankan hanya ketika lulus dari ITB atau hanya karena perjuangan berat itu dilalui. Hal ini menjadi semakin tidak relevan bila dihubungkan dengan interaksi karena interaksi seharusnya dilakukan sehari-hari, bukan “dipaksakan” saat perayaan wisuda -walaupun saya tidak menentang bahwa dalam acara seperti itu interaksi memang mengalami katalisasi.

Tentu saja dari paragraf tadi, pertanyaan pertama belum terjawab. Yang berikutnya adalah apakah wisuda HMS memiliki keistimewaan kalau yang diusung oleh panitia wisuda adalah penghargaan karena perjuangan, seperti yang tertulis di handout presentasi wisuda berikut,

[…] Pada tanggal 14 April 2012, ITB akan mengadakan wisuda ketiga pada tahun ajaran 2011/2012, dimana terdapat 18 mahasiswa HMS yang akan mengikuti wisuda tersebut.

Sebagai himpunan yang memiliki arah gerak kekeluargaan, sudah sepantasnya HMS memberi penghargaan kepada mahasiswa tersebut karena beratnya perjuangan yang sudah ditempuh saat masa kuliah tersebut. […]

Bukankah memang semua mahasiswa ITB berjuang untuk lulus, lalu di mana keistimewaan perayaan wisuda HMS bagi wisudawan/i HMS dan bagi anggota HMS lainnya. Mari berpikir di luar kebiasaan.

Apa yang dibutuhkan oleh seorang mahasiswa yang baru lulus? Informasi mengenai tempat studi dijenjang yang lebih tinggi, informasi atau koneksi mengenai pekerjaan, modal usaha atau sesuatu yang lain? Naif jika wisudawan/i meminta 3 hal yang disebutkan pertama, wisudawan/i bisa minta sesuatu yang lain tersebut, setidaknya ada 2 hal yang saya usulkan, yang pertama adalah salam perpisahan yang diwujudkan dalam suatu pesan. Yang kedua adalah kepastian tempat untuk kembali.

Satu hal lagi yang ingin saya sampaikan untuk menjadi dasar pemikiran, sebenarnya apa yang perlu dirayakan ketika ada mahasiswa yang berhimpunan diwisuda? Atau apa yang dirasakan secara ada anggota HMS yang di-“nonhimp”kan? Bukankah itu yang seharusnya dibahas.

Aaaachhhhh… Berakhir sudah isengnya, capek.. mau tidur aja… langsung aja kesimpulan. Kalau ketemu saja…

Seharusnya perayaan HMS bisa merangkum semua yang dirasakan wisudawan/i HMS dari apa yang dirasakan ketika menjadi mahasiswa paling kuya sampai apa yang sudah diperoleh -selain prestasi akademik, karena kita ber-HMS- dan memanifestasikan perasaan anggota HMS yang akan kehilangan saudaranya, sedihkah? Banggakah? atau perasaan lain? Siap?

Dari interaksi sewaktu presentasi, merangkum apa yang sudah dilakukan, diperoleh dan dikorbankan dalam wisnight, kemudian ditutup dengan mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang akan datang dengan hal-hal yang sudah diperoleh dalam wisday dengan sebuah landasan pesan yang lahir akibat rasa kekeluargaan. Tentu saja pertanyaan apakah itu akan dikemas secara dinamis atau sendu sudah bukan lagi pertanyaan yang sulit.

Tetap berharap acara wisuda HMS kali ini tidak sekedar perayaan tradisi tanpa makna… Selamat berkerja buat para panitia, khususnya untuk Socio dan Wivia, LO wisuda saya.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

5 responses to “Ikut Presentasi Wisuda HMS

  • ferdi pangestu

    apakah semua mahasiswa sipil merupakan anggota himpunan atau apakah ada mahasiswa sipil non him, dan apakah wajib untuk menjadi anggota himpunan ? terimakasih.

    • Dode

      Hm… Sepertinya akan lebih baik kalau sudut pandang berpikirnya, ada gak manfaat menjadi anggota himpunan atau apa yang diinginkan ketika menjadi anggota himpunan. Ketika jawabannya tidak ada, ya lebih baik tidak usah ikut.

      Yang jelas dari senior, akan me-“wajib”-kan juniornya untuk menjadi anggota himpunan supaya 1 angkatan benar2 kompak menurut cara senior.

      Teknik sipil ITB juga kah?

      • ferdi pangestu

        saya maba 2012 ftsl, dan ingin mengambil sipil, kalo manfaat saya yakin pasti ada apalagi saya termasuk orang yang gila berorganisasi sewaktu sma dan memang sangat bermanfaat, namun saya merubah pola pikir bahwa itu sudah cukup, dan jujur saya ingin cepat lulus kuliah apalagi setelah mengetahui ada program fast track sehingga hanya ingin fokus belajar mengingat ITB terkenal akan kesibukannya dan kuliah yang berat, menurut mas bagaimana apakah pola pikir saya salah,? mohon bimbingannya terimakasih.

  • Dode

    @Ferdy Pangestu:
    Kalau salah ato gak itu sudah gak bisa ditentukan dengan jelas sih… Yang pasti pasti aja… klo sudah tahu manfaatnya kan aman aja berarti.

    masalah pengen cepat lulus kuliah dan ada fast track. kalau kapasitasmu memang mampu kenapa gak? Sudah banyak orang yang membuktikan bisa lulus fast track dengan baik walaupun tetap ikut HMS datau ikut proyekan.

    Tinggal bagaimana mengukur kapasitas diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: