Bintalsik : Pertama Itu Belajar

Pagi ini, saya menjadi pembina di Bintalsik (Pembinaan mental dan fisik). Pembina meruapaka siswa FGDP. Digilir berdasarkan urutan tertentu. Ini giliran saya yang pertama. Pembinaan yang berupa apel dan diikuti dengan olahraga ini dilakukan 2 kali sehari, pagi dan malam. Siswa FGDP relatif sedikit jumlahnya, tidak sampai 20 orang sehingga baru hari ke-6 saya mengikuti bintalsik, saya sudah mendapat giliran.

Bagi saya yang pernah mengikuti kegiatan baris-berbaris, apel seperti ini tidak membuat saya khawatir kalau saya melakukan kesalahan. Menjadi pembina juga tidak bermasalah bagi saya karena saya cukup terbiasa berbicara di depan banyak orang. Walaupun begitu, gerakan saya masih saja ada kesalahan dan apa yang saya bicarakan rasanya kurang mengigit, padahal sudah saya pikirkan dengan baik.

Supaya perasaan menjadi puas, saya akan menuliskan apa yang saya bagikan waktu saya menjadi pembina. Berikut yang saya bicarakan:

Semangat Pagi!

Pertama-tama, nama saya Doddey Sanjaya. Saya merupakan siswa baru di sini dan tergabung dalam barisan FGDP. Mohon bantuan rekan-rekan semua.

Kemarin kita telah mendengar bahwa kita harus belajar. Lalu muncul pertanyaan sampai kapan kita harus belajar? Ada yang mengatakan kita seharusnya belajar sampai akhir hayat kita. Saat baru lahir, kita akan belajar berjalan, saat remaja kita akan belajar bagaimana menjadi dewasa, saat bekerja kita akan belajar bagaimana menerapkan keterampilan atau keahlian kita, saat berkeluarga kita akan belajar bagaimana membina keluarga, saat tua kita akan belajar menghitung amal dan ibadah kita.

Sekarang kita bekerja di pertambangan. Banyak orang yang berkata bahwa bekerja di pertambangan, khususnya di bagian lapangan, membuat pikiran menjadi tidak kreatif. Sebagian besar pekerja tambang terbawa rutinitas, padahal masalah terus berkembang menjadi semakin sulit dan membutuhkan penanganan yang out of the box.

Rutinitas yang kita lakukan setiap hari membuat kita tidak memiliki waktu untuk membaca buku, pekerjaan di lapangan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra, lalu bagaimana cara kita belajar? Seorang ilmuan berkata bahwa ia dapat menemukan sesuatu yang baru dari sesuatu yang lama. Apa yang ia katakan sungguh menarik, bagaimana mungkin ada sesuatu yang baru dari sesuatu yang lama? Pertanyaan itu sama seperti bagaimana menemukan sesuatu yang lain dari suatu rutinitas? Sebenarnya jawabannya sederhana, perhatikan hal-hal kecil atau sesuatu yang sederhana.

Waktu tiba di sini, saya langsung ikut bintalsik, setiap hari hingga sekarang. Artinya, bintalsik merupakan rutinitas saya setiap pagi. Awalnya setiap saya bangun pagi, perasaan was-was selalu muncul, “Wah, sudah baris belum yak?”, tetapi seiring berjalannya waktu, ketika bangun pagi perasaan was-was itu sudah tidak ada. Hal ini menunjukkan sebenarnya dalam rutinitas bintalsik ada sesuatu yang berubah, ada sesuatu yang baru.

Sesuatu yang baru itu dapat dijadikan suatu pembelajaran. Dalam contoh tadi, dengan menyadarinya dan menambahkan sedikit proses berpikir, saya dapat menemukan bagaimana cara menghilangkan was-was karena terlambat. Contoh lain, setiap melewati tikungan A seorang operator selalu tergelincir, padahal di tikungan lain ia tidak pernah tergelincir. Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, setiap melewati tikungan tersebut ia akan mengeluh atau dengan memperhatikan hal yang kecil atau sesuatu yang sederhana yang biasanya tidak pernah ia perhatikan sebelumnya ketika melewati tikungan A, ia menemukan kenapa ia selalu tergelincir dan memenukan bagaimana desain tikungan yang baik.

Mari kita belajar dari setiap hari. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Itu yang saya bagikan. Semoga bermanfaat.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

