Bintalsik atau Mati

Hutan rimba, gunung tinggi kudaki
Semangat bela pertiwi
Hanya satu tekad di dalam hati
Bintalsik atau mati
-cuplikan lagu saat lari pagi-

Bintalsik singkatan dari pembinaan mental dan fisik. Apa pula yang menyebutnya Susbintalsikpim, Kursus pembinaan mental dan fisik untuk pemimpin, ada banyak istilahnya. Ada beberapa lokasi tambang Pama yang menerapkan bintalsik untuk pelatihan, saya ditempatkan di sana. Bintalsik wajib bagi karyawan baru jadi saya wajib ikut bintalsik.

Perusahaan pertambangan diwajibkan oleh pemerintah untuk menyediakan alat keselamatan secara cuma-cuma. Ya itu gambaran saja kalau di perusahaan pertambangan (dan juga perusahaan energi) fasilitas yang berhubungan dengan pekerjaan (atau yang diwajibkan perusahaan) disediakan secara cuma-cuma. Segala keperluaan bintalsik ini saya dapatkan secara cuma-cuma: sepatu, baju dan celana training. Di baju training ada tulisan “Strive for The Best Through Training” dilengkapi dengan gambar burung elang dan bendera Sang Merah Putih.

Kuning biru seragamnya
Rambut gundul potongannya
sepatu capung dikakinya
Pulang kampung harapannya
-cuplikan lagu saat lari pagi-

Ya… Salah satu syarat yang bintalsik di sini adalah gundul. Terpaksa tidak terpaksa model rambut gundul. Tidak merasa rugi karena tidak gundulpun, model rambutku kata orang-orang tidak pernah bagus. Selain itu, waktu SMA kelas X sering sekali gundul karena ada semacam binsik juga walaupun gak sependek ini, :D. Di sini, siapa yang mau lihat, sebagian besar orang di sini laki-laki. Membandingkan sebelum dan sesudah memang cara yang paling baik untuk melihat perubahan. Mari disimak.

Model rambut yang belum sesuai peraturan

Simpel, Hemat Sampo dan Tidak Perlu Sisir

Isi acara bintalsik antara lain Sholat berjamaah (bagi yang Muslim), apel (ada ceramah dari siswa dan instruktur) kemudian senam peregangan dan diakhiri dengan “acara dadakan” dari instruktur yang bisa berupa pengumuman, ceramah lagi atau olahraga ringan ala militer. Ringan? Iya relatif jauh lebih ringan dibandingkan di site lain, bila dibanding waktu SMA juga relatif ringan. Kalau hari Jumat, terkadang senam diganti dengan kerja bakti bersih-bersih mes, kalau hari Minggu ada Happy Sunday. Wow… Menyenangkan sekali kalau Happy Sunday, ada lomba yang memperebutkan Pocari Sweet, :D.

Huh, kesal rasanya sama orang-orang yang kasih informasi di sini sangat berat. Memang terkadang rasa malas itu muncul tetapi di sini  tidak seberat yang digambarkan orang-orang itu. Ya… Saya tahu dan paham apa manfaat kegiatan seperti ini. Jarang sekali ada kegiatan yang melatih kedisplinan secara konsisten, memberikan pengetahuan setiap hari bahkan koreksi yang mengarah pada kemajuan. Jadi Bintalsik atau Mati? Ya Bintalsik!

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

3 responses to “Bintalsik atau Mati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: