Kalau Kalah

Pola pikir ini kembali muncul ketika saya menghadiri presentasi dari Departemen Keprofesian mengenai persiapan suatu perlombaan. Pola pikir ini bukan pikiran saya, saya mendapatkan pola pikir ini setelah berkali-kali mendengar ceramah motivasi dari Pak Muslinang. Pola pikir ini “berlawanan” dengan apa yang tertulis pada slide penutup presentasi (lihat gambar) yang berbunyi,

Kalah, gapapa lah…
Menang, Alhamdulillah…

Sepintas tidak ada yang bermasalah dengan kalimat itu, tetapi jika ditelaah lebih jauh, kalimat itu tidak mencerminkan tekad dan motivasi untuk belajar. Kalimat itu seakan-akan menanamkan ide bahwa daripada nganggur ayo ikut lomba. Kalau kalah kan gak rugi, kalau menang ya baguslah. Secara singkat dijelaskan oleh istilah kalah ya nothing to lose, menang ya untung.

Pak Muslinang berkata sesuatu yang lain, ikut lomba jangan asal ikut lomba, cari tahu apa tujuan ikut lomba. Bila ada tujuan yang jelas, dalam situasi kalah pun banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh, menang hanyalah bonus. Secara singkat dijelaskan oleh istilah kalah aja sudah much to gain, apalagi menang.

Kurang lebih seperti itu, bingung bagaimana menjelaskan hal-hal seperti ini, rasanya kurang greget. Lebih baik Anda coba ikut suatu perlombaan, dipersiapkan dengan baik. Bila hasil perlombaan menyatakan Anda kalah, saya yakin Anda tetap akan puas dengan hasil perlombaan tersebut. Coba saja… Saya sudah pernah mencobanya.

Apakah pola pikir Pak Muslinang tersampaikan dengan baik? Entahlah. Yang pasti, menurut saya, HMS ITB perlu berpikir ulang mengenai tekad apa yang sebenarnya dibawa saat mendorong anggotanya untuk ikut serta dalam suatu perlombaan.

Advertisements

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

4 responses to “Kalau Kalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: