Tidak Mudah

Salah satu pengalaman/nilai yang saya dapatkan selama di bimbing oleh Pak Sigit adalah pemilihan kata dalam menulis laporan. Ada beberapa contoh, tetapi kali ini saya hanya akan menceritakan satu. Contoh ini berhubungan dengan efek psikologis yang ditimbulkan dari sebuah tulisan (atau perkataan).

Ada paragraf dari laporan tugas akhir saya yang berbunyi demikian,

Analisis data pengujian ini tidak didahului dengan kajian numerik karena sifat kayu yang heterogen non-isotropis menyebabkan properties mekanik kayu berubah di sepanjang elemennya dan perilaku mekanik material sulit untuk dianalisis secara numerik.

Tiba-tiba saja Pak Sigit mencoret kata sulit dan menyuruh saya mengganti kata “sulit” menjadi “tidak mudah”. Ha? Apa bedanya bukannya keduanya dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa dalam laporan saya tidak ada analisis numerik. Setelah mencoret, Pak Sigit menjelaskan bahwa kata “sulit” membuat pembaca (Tugas Akhir saya) seakan-akan diarahkan bahwa analisis numerik hampir tidak mungkin dilakukan. Sedangkan kata “tidak mudah” memberikan suatu harapan bahwa analisis numerik masih bisa dilakukan sekaligus suatu tantangan bahwa analisis itu hanya bisa dilakukan apabila disertai dengan ketekunan yang tinggi.

Ampun Pak… Oke, segera saya ganti Pak. Saya sepakat dengan apa yang diungkapkan oleh Pak Sigit. Dengan peristiwa ini, saya diingatkan tentang pemilihan kata dalam berbicara dan bertanya-tanya apa alasan utama pengunaan kata negasi seperti “jangan” dan “tidak” sebaiknya dihindari karena ada penggunaan kata negasi yang justru baik. Maksud saya di poin terakhir adalah tidak semua penggunaan kata negasi berdampak negatif.

Akhir kata, tulisan ini ditutup dengan sebuah kutipan yang saya dapat selama bimbingan.

Lagi-lagi waktu dan biayalah yang membatasi penelitian.
– Dr. Ir. Sigit Darmawan –

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

