ITB di KJI-KBGI 2011

KJI dan KBGI merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Tahun ini, Universitas Indonesia diberi kehormataan untuk menjadi tuan rumah panitia pelaksanaan (Ketua Panitia Pelaksana : Arman Nefi). Pada tahun 2011, KJI sudah 7 kali dilaksanakan dan KBGI sudah 3 kali di laksanakan.

Secara sederhana, KJI merupakan lomba membangun (model) jembatan yang dapat berupa jembatan baja, jembatan kayu atau jembatan busur, sedangkan KBGI merupakan lomba membangun (model) bangunan dari kayu. Alur perlombaan ini cukup panjang yaitu dari tanggal 7 Mei 2011 sampai 27 November 2011 yang meliputi kegiatan desain dan pembuatan proposal, pembuatan model dan pelaksanaan.

Selengkapnya bisa dilihat di website resmi KJI ke-7 dan KBGI ke-3 tahun 2011.

Satu hal yang cukup unik dalam KJI dan KBGI adalah jumlah tim dari suatu perguruan tinggi yang lolos dalam masing-masing kategori yang dilombakan hanyalah 1 tim sehingga tidak akan ada penumpukan tim yang berasal dari perguruan tinggi yang sama. Ya… Adil dan menciptakan suasana kompetisi yang “menarik”. Tahun ini, ada 15 perguruan tinggi yang lolos tahap seleksi proposal (dinyatakan sebagai finalis), baik universitas, politeknik maupun institut. Berikut adalah tim dan kategori perlombaan yang diikuti:

Perguruan tinggi yang lolos menjadi finalis

Mohon maaf apabila ada salah penulisan nama perguruan tinggi.

Seperti yang dilihat di atas, perguruan tinggi yang ikut serta dalam keempat kategori adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Universitas Indonesia (UI). Tahun ini ITB mengirimkan 5 proposal di keempat kategori (satu proposal pada jembatan baja, jembatan kayu dan bangunan gedung, dua proposal pada jembatan busur) yang dilombakan tetapi hanya lolos 2 kategori yaitu jembatan baja dan jembatan busur. Oke, walaupun tidak dapat lolos di keempat kategori, tahun ini merupakan pertama kalinya ITB (diwakili oleh Program Studi Teknik Sipil dan Mahasiswa Teknik Sipil yang tergabung dalam HMS ITB) ikut serta dalam kategori jembatan busur. Suatu fakta yang tidak boleh diabaikan.

Ada stigma yang mengatakan bahwa KJI dan KBGI merupakan perlombaan yang dikhususkan untuk politeknik, sepertinya stigma ini muncul karena politeknik kerap membawa pulang banyak piala. Jika stigma itu benar, ada beberapa hal ganjil. Yang pertama adalah walaupun 11 dari 15 perguruaan tinggi yang lolos menjadi finalis bukan berasal dari politeknik, tetapi jarang sekali ada universitas/institut yang lolos keempat kategori perlombaan. Tahun ini hanya UI yang dapat meloloskan timnya di seluruh kategori sedangkan ada 2 politeknik yang berhasil, yaitu PNJ dan Polinema. Padahal keunggulan universitas/institut adalah pada konsep dasar/ide, dalam hal ini adalah proposal.

Yang kedua adalah begitu banyak universitas/institut yang ikut serta. Jika memang KJI dan KBGI dikhususkan untuk politeknik, kenapa (masih) banyak universitas/insitut yang ikut serta. Padahal masih banyak lomba ketekniksipilan yang lain, bahkan dengan tingkat yang lebih tinggi, tingkat regional maupun internasional.

Untuk hal ganjil yang pertama, ITB sebagai salah satu institut, bahkan dikatakan yang terbaik, harus mengadakan evaluasi mengapa hal itu bisa terjadi. Untuk hal ganjil yang kedua, saya kira itu hanya stigma yang tidak perlu dipikirkan. Perlombaan seperti ini diperlukan, dari alasan yang sederhana hingga untuk aktualisasi diri. Sangat disayangkan dan aneh apabila mahasiswa Teknik Sipil ITB (diwakili oleh HMS ITB) merasa perlombaan seperti ini tidak diperlukan tetapi masih minim karya dan kerap mengeluh kurang kegiatan untuk aktualisasi diri.

Kembali ke KJI dan KBGI. Dalam salah satu sambutan perlombaan ada yang berkata bahwa dalam usaha dan kerja keras tidak akan ada yang kalah. Wah, sepakat, tetapi kali ini adalah perlombaan jadi tetap harus ada yang menang dan kalah. Berikut adalah daftar pemenang:

Daftar pemenang KBGI 2011

Daftar pemenang KJI 2011

Dari data di atas, dapat diketahui bahwa juara umum untuk KBGI dan KJI diraih oleh Polban dan PNJ. Yang menarik untuk di amati adalah dalam KJI, PNJ yang menjadi juara umum sebenarnya tidak pernah meraih posisi puncak (juara I) tetapi PNJ memiliki nilai komulatif yang baik, terbukti bahwa PNJ selalu meraih posisi 3 besar dalam kategori KJI. Masih tentang KJI, juara I untuk ketiga kategori dalam KJI dipegang oleh universitas/institut.

Daftar perolehan piala

Jika dijadikan satu, maka total perolehan piala akan terlihat seperti tabel di atas. Perguruan tertinggi yang meraih piala terbanyak adalah PNJ kemudian disusul oleh ITS sampai yang terakhir adalah Unej. Ada 11 perguruan tinggi yang membawa pulang piala minimal satu, berarti ada 4 perguruan tinggi yang belum tidak membawa pulang piala di KJI KBGI 2011, termasuk ITB. Sebaiknya ITB (diwakili oleh mahasiswa Teknik Sipilnya, HMS ITB) melakukan evaluasi, apakah tahun yang akan datang akan ikut lagi? Jika iya, maka seharusnya ada evaluasi secara komperhensif untuk memperbaiki keadaan ini, jika tidak maka santai saja, tidak perlu ada yang dipikirkan.

Mengenai evaluasi bisa dimulai dari cara pandang mengenai stigma yang telah dijelaskan di atas, selama HMS ITB belum ada niat berkompetisi dan me-amin-kan stigma tersebut maka hasilnya tidak pernah akan ideal. Berikutnya bisa ditinjau dari prestasi “tetangga” (baca: Polban, Unjani dan Itenas), saran dari Pak Sandro, pengamatan tim yang pernah ikut KJI KBGI, nilai dari dewan juri dan hal-hal yang yang memungkinkan.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

2 responses to “ITB di KJI-KBGI 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: