Eco Driving

Jalani hari dengan Eco Driving

Selain peduli dengan lingkungan, Eco Driving juga dapat membantu Anda untuk hemat bahan bakar. Simak berbagai tips yang dapat diterapkan pada pola menyetir Anda.

Periksalah sebelum mengemudi!

1. Biasakan untuk memeriksa ban secara berkala

Jika tekanan udara ban kurang, beban mesin mobil akan semakin berat sehingga membuat penggunaan bahan bakar semakin meningkat. Sebagai sontoh, saat tekanan udara di bawan 0,5 kg/cm^2 dari standar tekanan yang dianjurkan, efisiensi bahan bakar akan turun hingga 5%.

2. Bawa barang bawaan secukupnya di dalam bagasi

Biasakan untuk tidak membawa terlampau banyak barang di dalam bagasi apalagi jika ukuran mobil Anda kecil/kompak. Sebab hal ini juga akan meningkatkan beban mesin dan menurunkan efisiensi bahan bakar.

3. Melakukan servis rutin

Selalu periksa kendaraan secara rutin agar berbagai kerusakan kecil pada mobil bisa diperbaiki secepatnya. Kerusakan pompa oli, terlambat mengganti oli dan penggunaan grade oli yang tidak sesuai dapat membuat penggunaan bahan bakar semakin boros.

Ingatlah pada saat berkendaraan!

4.  Hindari percepatan mendadak

Selain membahayakan, percepatan laju secara mendadak (kickdown) juga dapat berakibat buruk karena akan membuat penggunaan bahan bakar lebih boros. Biasakan mempercepat laju secara perlahan dan bertahap dengan tidak lupa menjaga jarak aman antara mobil Anda dan mobil di depan.

5. Menggunakan rem engine

Saat memperlambat laju kendaraan, lebih baik dilakukan dengan melepaskan pedal gas kemudian rem secara bertahap. Sebab, pengereman mendadak akan menghentikan pasokan bahan bakar sehingga menigkatkan konsumsi bahan bakar. Sedangkan pengereman yang dibantu dengan menurunkan posisi gigi (engine brake) dapat menghemat bahan bakar hingga 2%.

6. Atur suhu

Menghidupkan AC akan memberikan beban lebih pada mesin. Namun pengaturan suhu dengan perbedaan 1 derajat saja dapat memberikan perbedaan yang berarti pada efisiensi bahan bakar.

Sumber : Nissan Tips

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: