The Way is Long So What

Terhibur sekali ketika berhasil keluar dari tempat parkir dan membaca kaos yang bertuliskan”The Way is Long So What“. Walaupun tahu bahwa setiap orang memiliki masalah dan kemampuan masing-masing tetap saja topik yang berkaitan dengan tugas akhir masih terasa berat, terlebih kalau ada yang akan sidang atau telah melakukan kemajuan signifikan. Memang terkesan jahat, tapi itu manusiawi. Tidak percaya? Silakan tonton film 3 Idiot.

Tulisan itu seakan-akan berkata, “Tenang saja Dod, mungkin jalanmu memang panjang. Kalau lebih panjang dan kamu butuh waktu lebih lama untuk menempuhnya, kenapa?” Lagi-lagi pikiran muncul, apakah yang dilakukan sekarang sudah sesuai dengan yang diinginkan. Entahlah, yang penting tetap menyakin apa yang dianggap benar dan melakukan yang terbaik.

Ada kutipan dari Abrahm Lincoln yang menarik, “I am a slow walker… but I never walk backwards“. Walaupun pelan asalkan tidak mundur sepanjang apapun jalan itu sepertinya tidak masalah. Kutipan ini mirip dengan ungkapan yang sangat terkenal di Jawa yaitu “Alon-alon asal klakon”, sayang sekali ungkapan ini tidak menjelaskan apakah subjek tetap berjalan atau diam atau berjalan mundur, 😀 sing penting klakon.

Kalau memang ini sebuah perjalanan, ada 3 kelompok penyebab yang membuat perjalanan ini menjadi panjang. Hm… Kelalaian, ada titipan barang dan terjadi kecelakaan. Pertama mengenai kelalaian, ya… lalai. Tidak dapat mengatur waktu dengan baik, kehilangan KTM dan HP sehingga menambah pekerjaan baru dan lain sebagainya. Tentu saja, kelalaian ini tidak diharapkan.

Kedua ada titipan barang. Barang di sini adalah “barang” yaitu kepercayaan, amanah atau kesempatan. Tentu saja barang ini harus diantar dalam perjalanan menuju “Lulus kuliah”. Jika tidak barang tersebut sudah terlanjur basi. Kepercayaan, amanah atau kesempatan menjadi koordinator kelas yang berarti semua urusan angkatan, misalnya data angkatan harus beres, menjadi BPA yang berarti, hm… tidak jadi cerita, menjadi ketua Ika Passus (merintis wadah untuk alumni) walaupun yang satu ini bisa di-“kirim” setelah lulus kuliah bisa diwisuda bulan Juli lalu, mengikuti perlombaan seputar teknik sipil, tergabung dalam tim yang bertugas memperbaiki modul praktikum dan hal-hal lain yang tidak diingat.

Ketiga, yang terakhir dan yang paling membuat perjalanan ini terasa panjang, terjadi kecelakaan. Minimal ada dua kecelakaan yang disadari, sakit Hepatitis A yang berarti istirahat total selama lebih dari 1 bulan dan di-“tabrak” sampai koma hampir mati, hehe.. :D. Yang disebutkan terakhir itu kiasan. Banyak yang terjadi dalam “tabrakan” itu, sebagian memang akibat kesalahan diri sendiri, tetapi sebagian lagi akibat orang yang dihormati dan yang dicintai, :P. Koma hampir mati karena kepercayaan diri hilang begitu saja, semua hal yang dipercayai selama ini menjadi sampah dan perkataan yang pernah diucapkan (walaupun mungkin itu remeh dan dalam situasi bercanda) harus diwujudkan agar jantung ini tetap berdenyut. Ya… Ini yang paling membuat perjalanan menjadi semakin panjang.

Sebenernya, semua yang terjadi masih dalam jalur yang tepat. Seperti alasan mengambil tugas akhir berupa penelitian, ingin mengerjakan setiap tahap yang ada dengan perencanaan yang baik, pelaksaanaan yang terkontrol dan target yang jelas, perjalanan ini tidak perlu terburu-buru. “Tidak ada yang perlu dikejar (sehingga melewatkan langkah-langkah penting)” begitu petuah yang diberikan. Kalau memang jalan ini panjang, kenapa?

Advertisements

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: