Start Small Aim Big

Keluarga besar Passus SMA Negeri 1 Pekalongan berencana mengadakan reuni akbar pada tanggal 3 September 2011 di SMA Negeri 1 Pekalongan, jalan R. A. Kartini 39 Pekalongan. Keterangan lebih lengkap dapat dilihat di sini. Ini pertama kalinya Passus mengadakan reuni, semoga acaranya berjalan dengan lancar dan tujuan acara tercapai.

Ya… Tujuan acara. Acara ini tidak boleh berjalan tanpa tujuan yang jelas, terlalu banyak yang dikorbankan jika acara ini berlangsung hanya sebatas acara “sing penting kumpul”. Di sini saya akan menjelaskan wujud sederhana dari tujuan acara supaya mudah diingat, tema. Tema reuni ini adalah “Start Small Aim Big”. Apa penjelasannya? Mari disimak bersama.

Sebenarnya ingin sekali menggunakan tema yang berbahasa Indonesia, tetapi ide segar tidak kunjung muncul. Tidak ada salahnya juga menggunakan tema yang berbahasa Inggris. Ada 4 kata yang cukup umum untuk diketahui yaitu start, small, aim, dan big. Tema ini mirip (atau sama?) dengan salah satu arti lambang Passus yaitu segitiga sama kaki dengan dua buah sudut yang sama besar terletak di atas yang artinya adalah Passus dimulai dari suatu titik di bawah yang kemudian semakin besar ke atas. Dimulai dari yang kecil menargetkan yang besar, itulah harapan reuni ini.

Kata Start dalam bahasa Indonesia adalah permulaan atau mulai atau berangkat. Nah, acara reuni inilah “start” itu. Tidak boleh hanya berdiam diri menghadapi tantangan zaman yang terus berjalan dengan cepat. Ada harapan yang harus diwujudkan, langkah awal mengapainya sudah diambil.

Kata berikutnya adalah Small, sebuah kata sifat. Dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti kecil atau sederhana. Tentu saja arti remeh-temeh dan tidak penting bukan arti yang diharapkan. Kecil atau sederhana di sini diartikan sebagai suatu kondisi yang tidak menuntut. Yang ada, itulah yang dimanfaatkan sebaik mungkin. Walaupun kecil atau sederhana, acara seperti ini butuh pengorbanan, jika segala hal hanya menerima pengorbanan yang besar, bisa-bisa sampai penghujung usia tidak ada satupun hal penting dan bermanfaat yang dapat menjadi “start“.

Kata sifat itu relatif, tidak mutlak. Karena merasa pengorbanannya kecil, lalu mengurungkan niat untuk berkontribusi dalam pelaksanaan reuni atau berkontribusi bagi almamater, bukan yang seperti ini yang diharapkan. Bisa saja kecil bagi seseorang tetapi sangat besar bagi orang yang lain. Ini salah satu perwujudan tema yang diharapkan, berkontribusilah sekecil apapun. Acara ini akan sukses bila alumni dan anggota Passus, siapapun itu, memberikan pengorbanan yang kecil itu, sekedar membantu menyebarkan informasi, memberikan dukungan dana, tenaga atau pikiran, hadir saat acara berlangsung atau hal-hal kecil lainnya. Hal kecil itu sangat berarti besar bagi keterselenggaraan reuni ini dan ketercapaian tujuan reuni ini.

Kata Aim berarti try to achieve something. Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi membidik atau mencoba mencapai.  Secara sederhana, tema ini ingin menunjukan bahwa ada arah, ada sesuatu yang dikejar, bukan sekedar acara reuni yang menfaatkan kebetulan semata, kebetulan ini dan kebetulan itu. Tetapi ada suatu perencanaan yang jelas mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai target acara reuni. Itulah yang penting setelah segala sesuatu dimulai.

Apa yang dibidik? Tentulah ini yang menjadi pertanyaan setelah “aim”. Yang dibidik adalah, seperti arti kata big itu sediri, sesuatu yang besar atau hebat, cita-cita. Apa cita-cita tersebut? Apapun itu yang merupakan cita-cita Passus dan tentu saja cita-cita para alumni untuk bangsa, lingkungan sekitar dan almamaternya. Sebenarnya kata big atau besar dapat pula diartikan sebagai dewasa. Ini yang menjadi penting, karena seberapapun banyaknya anggota atau alumni Passus, tidak dapat dijadikan sebagai parameter kedewasaan bila kesadaran akan tanggung jawab (intelektualitas, mental dan hal-hal yang lain yang telah digapai) tidak terwujud dalam tindakan.

Ya… Demikian arti yang dikandung dalam tema Reuni Akbar Passus SMA Negeri 1 Pekalongan tahun 2011, “Start Small Aim Big”. Semoga reuni ini dapat menjadi langkah kecil untuk mencapai sesuatu yang besar.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: