Andrew Sotarduga Parhusip

Pemimpin yang baik bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin yang lain.
– Andrew Sotarduga Parhusip –

Namanya memang sudah tidak asing lagi di telinga kami, Sipil 2007 (Jurusan Teknik Sipil ITB Strata 1 Angkatan 2007, red). Ya, Andrew Sotarduga Parhusip yang sering dipanggil Andrew adalah ketua angkatan kami. Andrew dinobatkan sebagai ketua angkatan pada pertemuan kedua Sipil 2007. Saat itu, Andrew bersaing dengan Doddey Sanjaya dan Mario Gamasepto untuk menduduki posisi ketua angkatan. Andrew meraih suara terbanyak dengan visinya, yaitu “Menciptakan Sipil 2007 yang berjumlah 165 orang bukan 165 lagi, melainkan satu.”

Banyak orang berpendapat bahwa menjadi ketua angkatan berarti menjadi tumbal atau kambing hitam dari setiap hal buruk, terutama selama masa kaderisasi. Jika benar demikian, apa yang membuat Andrew bersedia menjabat sebagai ketua angkatan? Jawabannya sederhana saja: untuk belajar. Andrew sangat ingin terus belajar mengenai kepemimpinan. Proses pelajaran kepemimpinannya di lingkungan kampus dimulai dari unitnya, UKSU (Unit Kesenian Sumatera Utara). Dari seniornya di UKSU inilah, Andrew belajar bahwa untuk menjadi pemimpin diperlukan proses belajar terus menerus dan tujuan menjadi pemimpin adalah melahirkan pemimpin-pemimpin baru. Hal inilah yang mendasari komitmen Andrew untuk menjadi ketua angkatan kami. “Salah satu ketua angkatan yang aku kenal bilang kalau dia ingin menjadi ketua angkatan karena sayang sama angkatannya. Aku rasa itu seperti membohongi diri sendiri, karena kita sendiri belum kenal sama angkatan kita sewaktu kita dipilih menjadi ketua. Gimana bisa sayang kalau belum kenal? Makanya, motivasiku yang utama adalah untuk belajar,” jelas cowok kelahiran 5 Desember ini.

Masing-masing dari kami pasti punya kesan pertama tersendiri terhadap angkatan kami. Hal ini juga berlaku untuk Andrew. Menurutnya, pertama kali ia mengenal angkatan, ia merasa angkatan Sipil 2007 sangat majemuk dan heterogen. Andrew yang dibesarkan dalam lingkungan yang homogen dalam hal suku dan agama awalnya merasa agak tidak nyaman menghadapi teman-teman yang berbeda latar belakangnya. Namun, seiring berjalannya waktu, ia dapat beradaptasi dan dapat mengenal angkatannya dengan baik.

Menjadi ketua angkatan pasti banyak suka dukanya. Hal ini berlaku juga untuk Andrew. Menurutnya, jika angkatan sedang berduka, ia merasakan dukanya dua kali lipat, sementara jika angkatannya sedang gembira, ia tidak merasakan dua kali lipat juga. Contohnya, sewaktu kaderisasi, Andrew menjadi orang yang paling dicari dan paling diperhatikan di angkatan. Jika angkatan kurang berhasil dalam melaksanakan sebuah bagian kaderisasi, para pengkadernya akan menanyakan perihal tersebut kepadanya. Ia yang paling merasakan kesedihan angkatan. “Tapi, kalau untuk urusan gembira, sama seperti kue yang dibagi-bagi, kalau bagian ketua angkatan lebih banyak, itu nggak adil. Bukan pemimpin yang merakyat, dong. Jadi, kalau untuk rasa gembira, tetap sama kadarnya,” ujar Andrew.

Andrew yakin sekali kalau ia tidak pernah menyesal menjadi ketua angkatan Sipil 2007. Ia tidak akan pernah menyerah untuk membawa angkatan menjadi lebih baik.

Seperti kami semua, Andrew mempunyai harapan-harapan yang ingin diwujudkan untuk angkatan kami. Harapannya yang kuat tersebut terkandung dalam lagu angkatan kami, Sipil 2007. “Memang dalam lagu tersebut ada muatan kaderisasinya, tapi sebuah angkatan sudah seharusnya seperti itu,” ucapnya mengakhiri percakapan.

Hai bumi dengarkan langkah kami
bergerak maju serentak
beragam peran satu pikiran
Sipil 2007

Dengan semangat yang bergelora
tak gentar lawan rintangan
bulatkan tekad satu tujuan
Sipil 2007

 Bangkitlah (bangkitlah)!
Majulah (majulah)!
Bertindak dengan logika
Kolektif serta bertanggung jawab
Sipil 2007
ITB!

Tubuh Andrew yang kekar pernah mendapat pujian dari Kaprodi

Klik di sini untuk dengar lagu angkatan (versi pelan).
Foto oleh Vincent (Picasa, Tumblr, Flickr)
Ditulis oleh Nessia Fausta C.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

9 responses to “Andrew Sotarduga Parhusip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: