Mengamati dari Jauh

Sebagai seorang pribadi, setiap orang menyandang banyak status sekaligus. Misalnya seorang mahasiswa pada umumnya merangkap peran sebagai teman seangkatan, junior dan senior bagi sesama mahasiswa, anak dari orang tua, kakak atau adik dari saudara sekandung, rakyat pada suatu negara, warga di tempat tinggalnya, kekasih bagi pasangan hidup dan lain sebagainya. Peran itu dijalankan tanpa henti dan setiap peran menuntut hasil yang baik, diharapkan memuaskan.

Tentu saja peranan tersebut tidak memiliki porsi yang sama. Semakin besar “kapasitas” seseorang, semakin baik pula dia dapat menjalankan peran-peran itu. Kapasitas ini pulalah yang membuat tingkatan-tingkatan tindakan yang dapat dilakukan. Misalnya untuk peran sebagai teman seangkatan bagi sesama mahasiswa, seseorang dapat menyediakan waktu untuk belajar berkelompok, tetapi di saat yang bersamaan, sebagai warga di tempat tinggalnya, dia tidak mengikuti rapat penentuan besar iuran bulanan. Yang dapat dia lakukan untuk peran itu berkurang dari yang ikut serta dalam rapat menjadi mencari informasi hasil rapat.

Dari terjun langsung mencurahkan segala daya yang dimiliki sampai hanya mencari informasi, mendoakan dan mengamati dari jauh atau tidak peduli sama sekali. Ada banyak tingkatan porsi dalam satu peran. Bagi saya, peranan seorang senior adalah memberikan saran dan pengalaman karena salah satu keunggulan yang pasti dimiliki seorang senior adalah “hidup” lebih lama dari juniornya. Seminimal-minimalnya peranan senior adalah mengamati dari jauh perkembangan juniornya agar sewaktu-waktu junior datang, senior dapat memberikan apa yang sesuai dengan juniornya sesuai lingkungan di mana mereka berkembangan bersama.

E-leonxe bersama Ksatria Wharmhad

Dengan berbagai macam alasan, yang menyenangkan bagi seorang senior adalah dapat melihat kemajuan atau kesungguhan niat juniornya dalam mewujudkan cita-cita dan ikut mendoakannya. Ya itulah yang saya rasakan ketika melihat Meistaq Husain (Aaq), seorang junior di Passus SMA Negeri 1 Pekalongan, yang bergiat mencari jati diri dan mewujudkan  perusahaan animasi Indonesia bernama E-leonxe – An Animation and Programing Company. Berikut video yang dibuat oleh Aaq tentang sesuatu yang ia temukan dalam hidupnya, selamat menonton.

Semangat Aaq! Saya mengamati dari sini…

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

One response to “Mengamati dari Jauh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: