Observasi Panas

Saya tidak terlalu suka pergi ke dokter, tetapi bukan berarti saya antidokter. Entah sejak kapan rasa tidak suka itu muncul, mungkin sejak mengetahui bahwa banyak dokter yang tidak bertanggung jawab dengan salah diagnosa atau sejak muncul kesan bahwa dokter tidak pernah memberikan penjelasan yang cukup menenangkan dan mencerdaskan pasien.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa saya tidak antidokter, terkadang saya sangat butuh ke dokter. Bila saya ke dokter, saya tidak hanya ingin diwawancara (ditanya keluhan yang dirasakan), dipegang-pegang (diukur tekanan darah), dan ditelanjangi (diperiksa dengan stetoskop), tetapi ingin diberi penjelasan juga kenapa bisa sakit seperti ini. Apakah karena daya tahan tubuh menurun, virus atau bakteri? Adakah kebiasaan yang harus saya ubah (tentang kebersihan, dsb)? Bila disarankan makan makanan tertentu, zat apa yang terkandung di dalamnya sehingga bila ada jenis lain yang lebih saya sukai, saya dapat menggantinya. Bila diberi obat, bagaimana penggunaan obat tersebut, apa kandungannya dan efek sampingnya.

Kemarin saya mengantar seorang teman, setelah selesai diperiksa, dokter berkata

Masih observasi panas ya. Ini ada obat, setelah tiga hari bila belum sembuh kembali ke sini.

Tunggu! Saya tidak puas hanya dengan penjelasan seperti itu. Lalu saya bertanya apa itu observasi panas dan jawaban yang saya peroleh kurang lebih seperti ini,

Gejala yang ditunjukkan masih kurang untuk diagnosa suatu penyakit, sehingga masih dibutuhkan gejala lain. Bila dalam tiga hari obat yang diberikan dapat menyembuhkan penyakit, berarti hanya penyakit biasa. Tetapi bila dalam tiga hari belum sembuh, harus dilakukan diagnosa ulang untuk mengetahui penyakit yang diderita.

Nah, begitu baru cukup.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

One response to “Observasi Panas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: