Dream, Fight, and Win

Belajar sambil bermain, ungkapan ini sudah jarang didengar. Belajar sambil bermain sebenarnya mengungkapkan suatu suasana belajar yang menyenangkan. Pertanyaan yang penting buat anggota Passus adalah apakah mereka bisa belajar sambil bermain. Ya… Pasti bisa, Passus pasti bisa. Dalam setiap saat, saat latihan rutin, saat rapat, dan tentunya saat acara Team Building oleh IKA Passus.

Team Buiding yang diadakan pada tanggal 28 Desember 2010 di SMA Negeri 1 Pekalongan, tepatnya di ruang multimedia, merupakan acara yang secara sengaja dirancang untuk mengakrabkan anggota Passus Junior dan Senior. Tidak ada lagi rasa canggung untuk bekerja sama tetapi saling menghargai, komunikasi yang berjalan dengan baik, mengerti diri sendiri dan orang lain, memahami cara penyelesaian konflik-konflik yang terjadi merupakan wujud keakraban tersebut.

Acara team buiding dikemas secara menarik melalui training dan permainan-permainan. Suasana belajar ini semakin dimeriahkan dengan adanya slogan acara “Dream All Over, Fight Forever, Win Together”. Melalui slogan ini diharapkan anggota Passus berani bermimpi mengenai banyak hal, bersama-sama mewujudkannya, dan menang bersama-sama pula.

Mari kita lihat, apa saja yang terjadi selama acara ini.

Panitia telah bersiap-siap sejak pukul 6.30 WIB dan dibantu oleh Pak Somad, penjaga sekolah, untuk menyiapkan ruang multimedia. Acara pertama adalah registrasi pada pukul 7.00 WIB. Pada registrasi, peserta difoto secara personal untuk dokumentasi. Selain itu mereka juga melakukan foto bersama satu angkatan, dan foto bersama seluruh peserta. Registrasi berlangsung sampai pukul 08.00, terlambat dari apa yang sudah dijadwalkan. Hal ini dikarenakan senior datang terlambat dan sedikit lamban dalam melakukan foto personal. Semoga hal ini bukan kebiasaan karena Passus harus menjadi teladan kedisplinan di SMA Negeri 1 Pekalongan.

Salah satu peserta putri

Salah satu peserta putra

Setelah melakukan foto bersama seluruh peserta, peserta mulai memasuki ruangan multimedia. Kegiatan diawali dengan doa, kemudian fasilitator sedikit melakukan evaluasi atas keterlambatan tersebut agar kegiatan selanjutnya dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah tersedia.

Peserta training berfoto bersama

Acara ini dikatakan berhasil mengakrabkan anggota Passus apabila terdapat perubahan sebelum dan sesudah acara. Oleh karena itu, peserta diminta untuk mengisi pretest untuk mengetahui seberapa jauh mereka mengenal Ikatan Keluarga Alumni Passusbra dan mengerti sejauh mana materi yang akan disampaikan. Selain itu mereka diminta untuk menuliskan apa yang diharapkan peserta dari kegiatan team building ini dan apa saja ketakutan atau ketidaknyamanan peserta dalam mengikuti team building ini.

Peserta mengerjakan pretest

Harapan dan ketidaknyamanan peserta tersebut dituliskan pada kertas lipat yang telah dibentuk sesuai keinginan mereka kemudian ditempel pada kertas Asturo hitam dan merah. Hal ini diperlukan agar panita dapat memberikan yang terbaik bagi peserta dan peserta dapat secara sadar mencari apa yang mereka harapkan.

Kertas harapan

Kertas ketakutan

Selanjutnya adalah commitment building. Agar acara team building berjalan dengan lancar, maka ada beberapa kesepakatan yang dibuat antara peserta dan panitia. Untuk memecahkan suasana ketegangan antar peserta dan membuat peserta nyaman dalam mengikuti team building diadakan ice breaking selama 30 menit. Ice breaking yang diberikan adalah Senam Twenist, Tugu Pancoran, dan Train Of Love. Semangat peserta menjadi tinggi dan peserta semakin antusias dalam mengikuti team building ini.

Ice breaking Senam Twenist

Ice breaking diakhiri dengan permainan Guardian Angel yaitu permainan dimana masing-masing peserta harus memberikan perhatian kepada satu peserta lainnya yang akan dilakukan selama proses training berlangsung. Permainan ini bertujuan mengajarkan bahwa anggota Passus harus saling memperhatikan satu sama lain karena Passus adalah satu keluarga.

Materi pertama yang diberikan adalah “Who am I?“. Materi ini dimulai dengan pengisian tes kepribadian MBTI kemudian penjelasan mengenai materi. MBTI adalah tes kepribadian untuk mengetahui kecenderungan seseorang. Materi ini mengajarkan peserta untuk menyadari sifat diri mereka masing-masing supaya lebih terbuka terhadap kelebihan dan kekurangan diri mereka masing-masing. Setelah itu, materi dilanjutkan dengan sharing per kelompok. Peserta mulai akrab satu sama lain di dalam kelompok dan suasana menjadi lebih cair.

Peserta mengisi tes kepribadian MBTI (1)

Peserta mengisi tes kepribadian MBTI (2)

Peserta sharing per kelompok

Ice breaking kembali diberikan agar peserta dapat kembali berkonsentrasi untuk mengikuti materi selanjutnya. Setelah suasana cukup menyenangkan, peserta mulai memasuki materi yang kedua mengenai menejemen konflik. Materi ini mengajarkan peserta bahwa konflik dapat dikelola menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi mereka yaitu menjadikan konflik sebagai pendewasaan diri. Pemutaran cuplikan video dan pemberian permainan tes kekompakan membuat peserta semakin antusias dalam mengikuti team building 2010.

Fasilitator memberikan materi

Pada permainan tes kekompakan, peserta dipacu oleh waktu untuk mengerjakan beberapa tugas dari fasilitator. Peserta diminta membuat yel-yel dan meneriakkannya secara bersama-sama, peserta diminta untuk menyebutkan angka 1-10 dan sebaliknya dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa secara kompak, dan yang terakhir peserta diminta membuat gerakan “5 kaki 3 tangan” dan “3 kaki 1 tangan” dalam kelompok.

Pukul 12.45 WIB peserta beristirahat untuk shalat dan makan siang. Peserta makan siang bersama-sama secara berkelompok. Tiap kelompok mendapat tambahan 2 bungkus nasi untuk dimakan bersama-sama. Kemudian peserta kembali memasuki ruang multimedia dan menonton beberapa potongan film yang ditampilkan untuk sejenak melepas lelah dan mengambil jeda setelah makan.

Pada pukul 14.00 WIB acara dimulai kembali dengan ice breaking selama 15 menit agar semangat peserta kembali naik dan tidak mengantuk lagi. Materi dilanjutkan lagi dengan tema teamwork. Materi ketiga cukup berjalan dengan lancar karena pemberian materi diselingi dengan pemutaran video-video sehingga tidak membuat peserta bosan. Materi ini mengajarkan bahwa dalam sebuah organisasi kerja sama adalah suatu keharusan.

Pada akhir materi ke tiga, sebagai aplikasi dari materi yang ada, peserta diminta secara berkelompok merangkai puzzle yang bagian-bagian puzzle tersebut tersebar di seluruh sudut SMA Negeri 1 Pekalongan. Hal itu menjadi ketertarikan tersendiri bagi peserta karena peserta diberikan waktu untuk sejenak menikmati pemandangan luar (tidak hanya di dalam ruangan).

Setelah peserta menemukan potongan-potongan puzzle tersebut, peserta masuk kembali ke dalam ruangan dan mulai menyusun puzzle tersebut. Puzzle tersebut membentuk gambar tulisan tema acara ini. Selain puzzle, panitia juga memberikan permainan menjahit manusia.

Permainan menjahit manusia

Peserta mencari puzzle yang disembunyikan

Puzzle yang terkumpul sedang dirangkai

Last but not least, afirmasi/pemberian penguatan positif kepada peserta agar dapat menjadi team yang solid, team yang dapat berkembang bersama, saling menjaga satu sama lain, dan dapat terbuka terhadap segala hal. Afirmasi ini berjalan dengan lancar dan terdapat kesan tersendiri bagi peserta karena dalam acara ini peserta dapat memahami haikat dari sebuah team, peserta saling bergandengan tangan sebagai simbol bahwa mereka akan menguatkan dan menjaga satu sama lain. Pada akhir acara afirmasi, peserta saling berpelukan meminta maaf, mengucapkan terima kasih satu sama lain antara senior dan junior, dan saling mengucapkan bangga telah menjadi bagian dari keluarga besar PASSUS.

Setelah afirmasi, panitia menampilkan slide foto-foto mereka selama kegiatan training dengan diiringi lagu “Ingatlah Hari Ini” oleh Project Pop dan peserta saling berangkulan satu sama lain. Peserta membentuk lingkaran dan tosh bersama. Kemudian panitia meminta mereka untuk saling duduk di pangkuan masing-masing dalam posisi lingkaran sebagai penguatan bahwa sebuah team yang solid akan tercipta ketika masing-masing anggotanya dapat menjaga satu sama lain. Beberapa kali peserta mengalami kegagalan, namun pada akhirnya mereka dapat saling menduduki paha temannya satu sama lain dalam posisi melingkar kemudian berjalan dalam posisi tersebut dan bernyanyi bersama-sama.

Sebagai penutup kegiatan Team Building pada hari itu, peserta diminta untuk menuliskan apa saja yang telah mereka dapat pada hari itu kemudian ditempelkan di kertas Asturo yang berwarna merah muda, dan peserta juga diminta untuk mengisi angket evaluasi fasilitator dan mengisi posttest sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan ini.

Kertas apa yang didapat

Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh perwakilan alumni kepada Passusbra berupa bingkai yang berisi susunan puzzle yang telah mereka buat bersama kemudian diakhiri dengan doa.

Penyerahan kenang-kenangan untuk Passus

Apa saja yang didapat peserta setelah kegiatan Team Building 2010?

  1. Pengalaman baru, pengetahuan, rasa kebersamaan, mengenali diri sendiri.
  2. Kerjasama, kekompakan, saling menghargai, bagaimana membangun sebuah team yang kuat dan bertujuan yang jelas, saling memahami, bagaimana menghadapi suatu konflik dan menyelesaikannya.
  3. Kekompakan, kebersamaan, saling menjaga satu sama lain, lebih akrab.
  4. Yang saya dapat hari ini mengenal pribadi saya, mengetahui cara menyelesaikan konflik, kebersamaan bersama teman-teman, dan menyadari bahwa saya tidak ingin kehilangan teman-teman semua. I LOVE YOU ALL
  5. Yang aku dapetin di training ini, aku dapet banyak pengetahuan, ngerti arti konflik, ngerti cara menyelesaikan, lebih terbuka, lebih termotivasi, lebih plong, lebih aktif, lebih teliti, lebih berani, menjadi lebih heppy.
  6. Mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara menjadi team yang baik, dapat meningkatkan kebersamaan satu dengan yang lainnya, kasih sayang antar peserta, cara menghadapi suatu konflik.
  7. Dapat mengerti orang lain, suatu pelajaran/tujuan akan lebih mudah dicapai jika dilakukan bersama dan masih banyak lagi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
  8. Mengerti arti dari kebersamaan, pentingnya kerja sama dan kekompakan dalam team, mengetahui bahwa kebersamaan team penting untuk mencapai tujuan, berusaha menjadi yang terbaik. BE THE BEST…
  9. Training ini saya mendapatkan yang perama, kebersamaan bersama keluarga saya di PASSUS dimana PASSUS-lah keluarga yang saya sayangi dan cintai. Selama saya di SMA 1, hanya PASSUS yang mengerti saya, senasib dan sependeritaan dengan saya, PASSUS-lah keluarga yang paling solid dan paling kompak. Walaupun ada senior dan junior, tapi tetap PASSUS yang paling hebat. Yang kedua, mendapat pengetahuan tentang cara menghadapi sebuah konflik dan memcahkannya, semoga bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari saya. Amin…
  10. Yes…that’s prove. Friendship is wise investment.  Aku mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang sangat berkesan bagiku. Semua ini akan terkenang abadi dalam hidupku. I LOVE PASSUS.
  11. Lebih menghargai teman, lebih mencintai teman, berusaha untuk mengontrol diri, menghargai waktu, ingin selalu lebih baik, berusaha sebisa mungkin menjaga teman.
  12. Tambah pengetahuan mengenai banyak hal dari training kekompakan, kerjasama, kebersamaan, dll. Dapat saling memaafkan antar sesama.
  13. Yang didapat hari ini adalah mencoba memahami diri sendiri dan orang lain. Menghormati dan memaafkan orang lain.
  14. Saya memperoleh persahabatan dan rasa kekeluargaan dari keluarga PASSUSBRA SMA N 1 Pekalongan. Selain itu, saya juga mendapatkan pengetahuan baru tentang mengenal diri sendiri, manajemen konflik, sertateamwork.
  15. Rasa kekeluargaan makin baik, mengerti cara mengatasi konflik, mengerti kecenderungan diri melalui tes MBTI, menjadi lebih dekat dengan teman, have fun, makin menyatu antar senior dan junior.
  16. Kesabaran, kekompakan antar junior dan senior, keakraban senior dan junior, antusias yang terjalin antara senior dan junior.
  17. Lebih menyayangi sesama, dapat bekerja sama dan merasa satu.
  18. Yang saya dapat selama kegiatan ini adalah mengerti bagaimana mengatasi konflik yang terjadi, bagaimana konflik konflik itu terjadi, selain itu saya juga menjadi lebih mengerti bagaimana pentingnya teman-teman kita.
  19. Bisa bermain dengan senior, tahu apa itu konflik dan bagaimana cara mengatasinya, tahu siapa saya sebenarnya.
  20. Yang saya dapatkan kebersamaan, rasa kekeluargaan yang semakin baik, tahu tentang conflict management, tahu cara bagaimana memaknai konflik.
  21. Yang saya dapat dari kegiatan training ini menjadi lebih tau mengenai yang dibutuhkan dalam kegiatan organisasi. Disini kami menjadi lebih dekat. Pokoknya syik.
  22. Kita lebih bisa mengenal diri sendiri dan orang lain, menghargai orang lain, melatih kekompakan dan kebersamaan.
  23. Mengetahui apa itu konflik, lebih kompak dalam bekerja sama, saling menjaga, lebih akrab satu sama lain.
  24. Memecahkan konflik, merasakan kehadiran teman-teman, lebih bisa mencintai teman, kekompakan, kebersamaan, lebih bisa menghargai orang lain, perjuangan keras untuk menjadi sukses.
  25. Lebih semangat dalam menuju ke masa depan, senang bisa ketawa-tawa sama senior, bisa meminta maaf dan berterima kasih sama senior dan teman-teman, terima kasih semuanya.

Berikut adalah kesan dan pesan peserta Team Building 2010

  1. Kesan         : sangat puas dan senang karena sangat bermanfaat untuk kehidupan.
    Pesan          : semangat dan teruslah mengajarkan untuk hidup bersama.
  2. Kesan         : menarik, seneng, materinya bagus, nyesel kalo nggak ikut!
    Pesan          : lebih semangat, lebih aktif.
  3. Kesan         : acara ini sangat menyenangkan, gamesnya seru, materinya menarik, mengajarkan banyak hal yang belum saya tahu, menjadikan lebih kompak dan semangat. We love PASSUS.
  4. Kesan         : dari pelatihan ini saya merasa sudah berubah daripada sebelum mengikuti pelatihan ini.
    Pesan          : pertahankan pelatihan ini, karena pelatihan ini meninggalkan pelatihan yang cukup kuat.
  5. Kesan         : seneng, mendapat ilmu, dapat membangun kebersamaan.
    Pesan          : makanan kelebihan.
  6. Kesan         : acara yang mengasyikkan dan dari acara ini aku belajar arti sebuah kebersamaan (persahabatan) dan mendapat pengalaman yang tak terlupakan.
    Pesan          : acara akan lebih mengasyikkan apabila peserta maupun panitia banyak yang ikut berpartisipasi.
  7. Kesan         : menarik, pengen ikut lagi. Jadi tertarik sama lagu, materi, dan permainannya. Nyesel kalo nggak ikut.
    Pesan          : lebih ditingkatkan lagi semangat antara trainer dan peserta.
  8. Kesan         : bisa lebih mengerti orang-orang yang ada di sekitar kita, bisa menghormati dan menghargai diri sendiri dan orang lain, mengerti bagaimana cara menyelesaikan sebuah konflik, mengerti bagaimana membangun team atau kelompok yang bagus.
    Pesan          : semoga bias dilanjutkan tahun depan.
  9. Kesan         : acara cukup bagus dengan penataan acara yang teratur.
    Pesan          : peserta tidak lengkap/sedikit, alumni yang datang sedikit, jadi kurang rame, tempat hanya di ruang multimedia, hanya sebentar pas di luar buat hiburan ketika peserta jenuh. TINGKATKAN!!
  10. Kesan         : menyenangkan, mendapat ilmu baru, bisa lebih mengenal diri sendiri.
    Pesan          : materi tentang kekuatan bermimpi lebih diperbanyak dan lebih ditekankan.
  11. Kesan         : mendapat ilmu baru untuk menghadapi hidup selanjutnya.
    Pesan          : di luar sekolah lebih asyik tu kayaknya.
  12. Kesan         : sangat senang dan bangga mengikuti kegiatan ini, karena disini saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.
    Pesan          : buatlah acara selanjutnya lebih menarik.
  13. Kesan         : Hmm… asyik, disini kami tidak hanya bermain tetapi juga mendapat materi yang sangat bermanfaat. Permainan di sela-sela materi membuat kami tidak mudah bosan. Pokoknya asyik bangetlah, nggak kecewa ngikuti acara ini. T O P B G T…
  14. Kesan         : menyenangkan, menjadi lebih akrab antar sesama, mengetahui bagaimana pribadi orang lain.
    Pesan          : agar lebih menambah inovasi baru dalam penyampaian materi, menambah permainan baru agar semakin akrab.
  15. Kesan         : menyenangkan dan bias merefresh pikiran, tidak rugi sudah datang (puas)
    Pesan          : lebih kreatif dan inovatif dan harus diadakan setiap tahun.
  16. Kesan         : senang, asyik, bisa tambah dekat antar peserta, lebih tahu antara satu dengan yang lainnya, dapat ilmu.
    Pesan          : kegiatan outdoornya ditambah, missal gamesnya di luar dan materinya indoor.
  17. Kesan         : sangat menarik, dapat mengenali diri sendiri dan orang lain.
    Pesan          : sering-sering mengadakan acara seperti ini, makanannya terlalu banyak.
  18. Kesan         : senang, lebih bersemangat dan termotivasi untuk ke depan, belajar menghadapi kenyataan dan apa yang harus dilakukan, tidak rugi saya berpartisipasi dalam training ini.
    Pesan          : sering-sering ngadain acara kayak gini dengan motivasi yang lebih membangun lagi dan permaian yang berbeda lagi tentunya, lebih menarik. THANKS
  19. Kesan         : asyik banget, motivasiin banget, banyak manfaat, membuat semangat baru, menjadikanku berani, teliti, menambah kerjasama antar senior dan junior, semakin akrab sama keluarga Passusbra.
    Pesan          : sering-sering aja bikin acara kayak gini kak…
  20. Kesan         : ada manfaatnya, memberikan manfaat baru dan dapat melakukan hal yang positif, lebih akrab antara senior dan junior.
  21. Kesan         : saya sangat senang, karena bisa berkumpul bersama teman-teman dan mendapatkan pelajaran betapa pentingnya mempunyai teman yang selalu ada di samping saya.
    Pesan          : tahun depan harus lebih meriah dan menyentuh, serta menyajikan pelajaran yang lebih berbobot untuk kami lagi, dan kalau bisa diadain di luar sekolah.
  22. Kesan         : bagus sekali bagi anggota PASSUS. Selain dapat mengikuti pelatihan, season ini bisa dijadikan tempat pendekatan antara senior, junior, dan alumni.
    Pesan          : dalam penyampaian materi, sebaiknya orangnya diganti agar tidak bosan. BE THE BEST!!
  23. Kesan         : saya sangat terkesan dengan acara ini karena timbul rasa kekeluargaan yang erat.
    Pesan          : pesan saya kepada IKA agar selalu membantu dan turut serta dalam kegiatan kami sehingga rasa kekluargaan itu akan selalu terasa dan tidak pernah luntur.
  24. Kesan         : sangat senang, karena acaranya menarik.
    Pesan          : bisa diadakan tiap tahun untuk menambah solid tiap angkatan.
  25. Kesan         : senang, asyik karena acaranya sangat menarik dan bermanfaat.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: