Janji Sakral, Terngiang-Ngiang dan Membekas

“Janji Passus”, sebuah tulisan oleh Muhammad Hafidh, Angkatan XII, ditulis pada tanggal 17 Agustus 2009.

Malam 17-an, jadi inget waktu kelas 1 SMA, ketika ada regenerasi anggota Passus Smansa. Tak terasa sudah enam tahun terlewati, tapi kenangan itu masih membekas di hatiku, teman-teman seperjuangan, senior, dewan senior, dan alumni.

Apa kabar Passus hari ini?
Cek on, komando on!
Viva SMANSA!

Yel-yel yang menggugah semangat!
Yel-yel yang mengompakkan pasukan!
Yel-yel yang bergema!
Bergema untuk menandai pelantikan itu dimulai.

Seragam putih-putih, peci hitam, slayer merah, sarung tangan putih, badge Passus (sekarang dimana y? Huhu…). Dimulai dengan ramah tamah, kami bak raja dan ratu yang dilayani, tak berlebihan menurutku, karena memang aksi kamilah yang di tunggu-tunggu. Senda gurau bersama (jadi inget telurku yang menggelinding ke depan forum, dan sejak saat itu aku dipanggil Ndog. Tidak berperasaan memang), malam renungan sebelum pelantikan (buat kami jadi terharu mungkin karena diadakan di salah satu bagian sekolah yang terkenal mistis), Pak Wachid memimpin briefing, menceritakan tentang pahlawan dan lain sebagainya, kami serasa menjadi pahlawan baru abad ini!

Langkah kami gagah tak tergoyahkan, melangkah dengan sigap.
Prok prok prok!
Viva smansa!!!
Yel untuk mengawali aksi kami

Dan tibalah pertunjukan utama pada malam itu.

Masih terngiang-ngiang dalam telingaku, masih membekas di bibirku akan sebuah janji sakral (lebay dikit ah)

“JANJI PASSUS”

Amboy nian, suara kami melengking mengawali hari itu. Semua tertegun, tertunduk haru mendengar dengan khidmat dan menjadi saksi akan janji kami. Ditemani nyala obor, menjadi lebih bersahaja dan mengingatkan kami akan perjuangan para pahlawan dulu, sederhana tapi penuh dengan visi.

Selesai ucapan janji, sekarang giliran para senior yang akan menggantikan kepemimpinan sebelumnya. Berdesir hati kami melihat langkah dan perangai mereka yang gagah berani. Ingin rasanya kami bisa seperti mereka. Semoga…

Setelah selesai, kami resmi menjadi Anggota Junior angkatan XI Passus SMA Negeri 1 Pekalongan. Ucapan selamat dan jabat tangan pun bergantian dari para alumni.

Ingin sekali aku mengulangi masa-masa indah itu, bersama teman-teman, mari kita lukis masa depan kita agar lebih indah dari pelangi!

VIVA SMANSA!!

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

2 responses to “Janji Sakral, Terngiang-Ngiang dan Membekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: