Bingung Soal Konsisten

Saya mendapat sedikit inspirasi ketika mengikuti Free Saturday Lesson pada hari Sabtu, 26 Februari 2011 yang diselenggarakan oleh Comlabs USDI – ITB dengan tema “Happy Blogging ‘Sampaikan Ide dan Karyamu Kepada Dunia Melalui Blog’”. Inspirasi tersebut muncul ketika seorang peserta menanyakan hal konsistensi kepada Pak Budi Rahardjo.

Peserta : “Saya ingin bertanya, Pak. Mengapa Bapak dapat konsisten dalam menulis? Maksud saya, bagaimana saya agar saya dapat konsisten seperti Bapak?

Pak Budi : “Waduh… Kalau saya ditanya seperti itu, justru saya yang bingung dan ingin bertanya, kenapa hampir semua orang tidak bisa konsisten.”

[semua peserta tertawa]

Pak Budi : “Saya tidak mengerti mengapa kebanyakan orang tidak dapat konsisten. Saya hanya melakukan apa yang biasa saya lakukan dan saya suka melakukannya. Kalau dipaksa harus menjawab, saya akan menjawab seperti ini, lakukan saja yang berlawanan dari hal yang membuat Anda tidak konsisten.”

Sejujurnya jawaban itu belum menjawab pertanyaan yang dilontarkan, tetapi saya mendapat petunjuk secara tidak langsung, dari orang yang hebat tentunya, bahwa konsisten itu seperti kebiasaan. Ketika seseorang dapat konsisten terhadap suatu pekerjaan, maka tidak akan ada lagi suatu tindakan khusus, yang lain dari biasanya, yang disengaja untuk melakukan pekerjaan tersebut. Pekerjaan tersebut sudah menjadi hal biasa yang harus dikerjakan. Justru saat pekerjaan itu tidak dilaksanakan maka ada rasa kehilangan sesuatu. Rasa kehilangan ini akan menyadarkan orang itu untuk melakukan pekerjaan tersebut.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

