Gambar Bercerita

Gambar bercerita lebih banyak kata.
Bahkan ketika kata telah lewat, gambar tidaklah hilang.

Ada yang berpendapat seperti yang tertulis di atas. Ya… Gambar bisa bercerita banyak. Yang jadi permasalahan apakah gambar itu bercerita sesuai dengan yang dimaksud oleh pembuat gambar. Ada pengamalam menarik tentang hal itu.

Suatu hari saya menemukan gambar ini pada sebuah forum di dunia maya,

Apa yang ada dibenak Anda?

Keterangan yang mengikuti gambar tersebut adalah ada seorang kakek gila, mungkin karena sudah pikun, menemukan sebuah kolam lalu memancing di kolam tersebut. Langsung saja cemooh anggota forum bermunculan menanggapi kegilaan kakek itu.

Setelah selang beberapa lama, saya menemukan gambar serupa pada sebuah koran, tetapi bukan dengan judul yang berhubungan dengan kegilaan kakek tersebut, tetapi tentang protes warga.

Ha? Protes? Apa hubungannya?

Setelah membaca lebih rinci, ternyata sang kakek sengaja melakukan itu untuk memprotes pemerintah agar segera memperbaiki jalan yang selalu berlubang. Oke… Gambar bercerita lebih dari yang diharapkan.

Contoh lainnya adalah gambar yang biasa digunakan untuk menyemangati seseorang atau untuk menyadarkan seseorang dari kesombongannya. Dua pesan dalam satu gambar yang sama. Berikut gambar tersebut,

Janganlah mengganggap diri rendah, lihatlah apa yang ada di dalam dirimu

Banyak orang yang tidak percaya diri menghadapi hidup ini. Mereka merasa rendah diri, mereka merasa seperti “kucing”. Tetapi lihatlah apa yang dimiliki, lihatlah ada yang sebenarnya ada di dalam diri. Ada sesuatu yang luar biasa di dalam diri tetapi tidak terlihat dari luar. Harus ada pemahaman diri yang baik, harus ada kepercayaan diri yang tinggi. Oke… Lalu, apa alasan Anda tetap rendah diri? Tidak ada. Lihatlah baik-baik apa yang ada di dalam diri Anda.

Sebuah lagu bagus mengenai cerita di atas adalah lagu “Hero” yang dinyanyikan oleh Mariah Carey. Jika Anda memiliki waktu luang, sangat disarankan untuk memahami arti lagu tersebut. Sedikit cuplikan aja,

There’s a hero
if you look inside your heart
You don’t have to be afraid
of what you are

Look inside you and be strong
and you’ll finally see the truth
that a hero lies in you

Janganlah sombong dengan bayang yang Anda buat sendiri, lihatlah siapa diri Anda sebenarnya

Di tengah kecenderungan manusia untuk rendah diri, tidak sedikit orang yang berpikir bahwa dirinya sangatlah luar biasa. Berkaca pada kaca “angan-angan semu”, mereka membayangkan apa yang dimilikinya secara berlebihan. Merasa seperti singa yang berkuasa atas hutan rimba, membuat mereka lupa siapa diri mereka sebenarnya. Yang paling gawat dari kebiasaan ini adalah bisa saja mereka jatuh seketika ketika topeng mereka terbuka. Orang lain yang selama ini menganggap mereka luar biasa akan tahu siapa mereka, dan tidak akan pernah percaya lagi kepada mereka.

Tidak salah menilai diri sendiri berlebihan, terkadang itu perlu. Rasa percaya diri sering kali diawali dengan gambaran mengenai keberhasilan atau mengenai diri secara berlebihan. Akan tetapi, setelah percaya diri itu diperoleh, segeralah kembali menjadi diri sendiri, tanpa gambaran diri secara berlebihan. Agar ketika orang lain membuka topeng Anda, didapatilah wajah Anda setampan atau secantik topeng Anda.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

3 responses to “Gambar Bercerita

  • Retta

    Ataukah kebiasaan menggunakan topeng itu sebaiknya ditinggalkan saja?

    • Dode

      Sepertinya tidak perlu, kebiasaan itu cukup membantu kok, membantu untuk percaya diri. Terkadang perlu movitasi secara berlebihan pada diri sendiri.

      Paling ya itu catatannya, jangan terlalu lama. Sering gp2, tapi jangan terlalu lama.

  • shinta

    pada dasarnya setiap hari dan setiap saat manusia selalu memakai topeng dalam situasi apapun…
    hal itu tidak menjadi masalah asalkan penggunaannya di waktu yang tepat dan tidak berlebihan, serta tujuan dari penggunaan topeng tersebut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar…
    Bahayanya ketika topeng itu dipakai pada saat yang tidak tepat…dan untuk menutupi sesuatu yang seharusnya tidak ditutupi…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: