Mengapa Ngeblog

Mengikuti Free Saturday Lesson pada hari Sabtu, 26 Februari 2011 yang diselenggarakan oleh Comlabs USDI – ITB dengan tema “Happy Blogging ‘Sampaikan Ide dan Karyamu Kepada Dunia Melalui Blog'” merupakan salah satu hal yang membuat saya semakin ingin belajar menulis. Hari itu ada beberapa pembicara, antara lain Endah Nasution, Pidi BaiqBudi RahardjoWidianto Nugroho, dan Muh Arif.

Banyak sekali ilmu dan kegembiraan yang didapat dari para pembicara. Dimulai dari sejarah penemuan blog sampai suka duka menulis. Sejarah mengenai blog dimulai sejak John Barger mengepost kegiatan sehari-harinya di Robot Wisdom Weblog pada bulan Desember 1997. Sejarah lengkapnya, bisa dicari sendiri ya.

Yang ingin saya bagikan adalah penjelasan Pak Budi Rahardjo mengenai alasan mengapa kita perlu nge-blog. Berikut adalah beberapa alasan tersebut,

  • Melatih berpikir terstruktur
    Dengan menulis berarti otak dilatih untuk berpikir secara terstruktur. Khususnya untuk tulisan seperti laporan perjalanan, karya ilmiah, harus memiliki suatu struktur tertentu agar mudah dipahami.
  • Mengindari sifat apatis
    Hal ini dimungkinkan apabila tulisan yang dimuat adalah pengalaman atau pengamatan sehari-hari. Dengan niat untuk menuliskan sesuatu maka ada kecenderungan untuk memperhatikan lingkungan sekitar.
  • Mencatat, mengevaluasi dan merencanakan
    Berlatih menulis berarti berlatih mencatat, mengevaluasi dan merencanakan sesuatu.
  • Membantu menemukan minat
    Akan sangat sulit sekali untuk menulis hal-hal yang dengan tema yang tidak disukai. Adanya kecenderungan untuk menulis hal-hal yang dianggap menyenangkan membuat minat akan hal tertentu sedikit demi sedikit menjadi terlihat.
  • Membiasakan diri berkomunikasi (melalui media on line) dengan baik
    Seperti komunikasi secara lisan sehari-hari, komunikasi melalui media on line yang biasanya berupa tulisan perlu dilatih.
  • Blog membuka peluang
    Selain dapat dijadikan media usaha/bisnis, menulis pada blog, dapat menjadi media untuk dikenal secara luas. Setelah itu, peluang dapat saja muncul kapan saja. Misal, beberapa perusahaan akan menyeleksi karyawan melalui aktivitasnya di dunia maya atau kesempatan memamerkan karya seni melalui blog.

Budi Rahardjo dengan kaos putih berlogo WordPress

Selain itu, ada beberapa tips dari Pak Budi Rahardjo mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis di blog yaitu,

  • Kuantitas lebih baik dari kualitas
    Untuk penulis yang ingin populer, Pak Budi Rahardjo memiliki pengalaman bahwa kuantitas tulisan akan menghasilkan penggemar lebih cepat dan lebih banyak dari pada kualitas tulisan.
  • Tema
    Menulislah sesuai dengan tema yang disukai. Jangan kerena suatu alasan tertentu, misal ingin populer, akhirnya tema tulisan bukanlah hal yang disukai. Menulis di blog cenderung sebagai hobi. Hal ini ini tidak berlaku apabila menulis blog dijadikan sebagai suatu profesi.
  • Etika
    Etika dalam menulis perlu diperhatikan. Jangan sampai tulisan yang dihasilkan menyerang orang lain atau melanggar hak atas kekayaan intelektual orang lain.

Semoga bermanfaat!

Kami menulis untuk kehidupan,
mengikat ilmu dan membingkai cerita arif nyawa manusia.
Kami menulis tak hanya untuk Anda sekalian,
tapi juga untuk kami sendiri.

Untuk pencerahan yang disebarluaskan,
untuk kehidupan abadi yang dijanjikan.
Kehidupan abadi dalam ingatan otak
dan kenangan tersimpan pada hati manusia.

– Sylvia Margaretta –

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

2 responses to “Mengapa Ngeblog

  • iyanners

    Iya Betul, ngeblog banyak manfaatnya!cuma satu kata yang sulit…konsisten. mudah2an Newbie kaya saya bisa konsisten nulis🙂
    Semangat menulis, merekam kehidupan…

    • Dode

      Wah, keknya komentar pak budi soal konsisten enak ni kalo ditulis, ntar dah kalo ada waktu…

      eh ya…pake prinsip ODOP aja, one day one post, seru keknya…hahahahaha…..

      oke…mari kita menulis kehidupan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: