Catur Indonesia Ala Cina

Saat merapikan barang-barang peninggalan kakek, tidak sengaja saya menemukan ini…

Pion warna merah

Pion warna hitam

Papan catur dan pionnya

Wow… Catur Cina.

Sayang, tidak ada satupun keluarga yang tinggal di Pekalongan yang mewarisi budaya ini. Wah, beruntung sekali keluarga besar sedang berkumpul semua. Ada kakak ipar, Efendy Tho. Lahir dan besar di Tebing Tinggi membuat kak Efendy masih mewarisi budaya seperti itu. Setelah karakter pion-pion dideskripsikan, dijelaskan aturan Catur Cina ini, kami pun bermain satu permainan. Tentu saja, saya dibantu adik saya, Aji Sanjaya, melawan kak Efendy yang sudah mahir.

Gimana? Seru ga?

Seru banget! Ada perbedaan mengenai karakteristik pion. Yang paling seru adalah tidak semua pion dapat bergerak ke daerah lawan. Strategi sangat dibutuhkan untuk memenangkan permainan ini.

Ide Gila

Oke… Ide gila ini bukan sekedar keinginan yang tanpa tujuan, tetapi bertujuan untuk memperkaya budaya Indonesia. Sebagai keturunan Cina yang berwarga negara Indonesia, saya mencintai negeri ini, Indonesia. Menjadi hak saya untuk memperkaya budaya ini dengan apa yang diwariskan oleh orang tua.

Ide gila kali ini adalah melakukan naturalisasi Catur Cina menjadi Catur Indonesia ala Cina. Suatu permainan catur yang diadaptasi dari permainan Catur Cina tetapi mengandung budaya Indonesia.

Sepertinya menarik? kira-kira apa yang harus dilakukan?

Oke… Belum terpikir secara utuh apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan ide itu, tetapi sudah ada gambaran. Intinya adalah “diterjemahkan”. Yang dibutuhkan adalah penerjemah untuk memberi nama pion-pion tersebut, pengemar catur untuk membuat petunjuk permainan dengan jelas, aktivis budaya untuk memberikan nilai-nilai budaya  Indonesia tanpa menghilangkan identitas budaya asli, dan donatur untuk mendanai prototipe catur ini.

Entahlah, mungkin di suatu tempat di Indonesia ini sudah ada yang melakukannya. Bisa saja ini menjadi sia-sia.Ya, tidak ada salahnya mencoba. Ini ide gila! Anda berniat bergabung?

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

3 responses to “Catur Indonesia Ala Cina

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: