Mengeluarkan Uang untuk Investasi

Ada peristiwa menarik yang dituliskan pada “Saatnya Membangun Infrastruktur: Investasi tepat di saat krisis”, Majalah Tekno Konstruksi edisi 9 tahun I, Januari 2009. Berikut tulisan tersebut,

Langkah penyembuhan krisis yang dilakukan Rossevelt dengan membangun berbagai infrastruktur skala besar. Jalan dan jembatan, rel kereta serta perumahan rakyat langsung dibangun serentak. Hasilnya Amerika bisa keluar dari krisis dan keputusan Rossevelt mengambil langkah pengembangan infrastruktur untuk mengatasi krisis sangat dihargai.

Kini Presiden terpilih AS Barack Obama juga menyatakan akan menghidupkan kembali perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja melalui peningkatan kapasitas jalan raya, sekolah dan efisiensi energi yang terbungkus dalam program pekerjaan umum.

Program Obama mengembangankan infastruktur dengan skala besar-besaran ini belum pernah dilaksanakan sejak pembangunan sistem jalan raya antara negara bagian oleh Presiden Dwight D. Eisenhower pada dekade 1950-an.

Uniknya, Obama tak pernah sekalipun menggunakan kata “membelanjakan atau mengeluarkan”, sebagai gantinya ia menggunakan kata “menginvestasikan” atau “investasi” dan menjanjikan pengelolaan yang bijaksana uang para pembayar pajak dalam peningkatan jalan raya dan sekolah serta membuat bangunan umum lebih efisien dalam penggunaan energi.

Hm… Saya termasuk orang yang percaya bahwa penggunaan satu kata saja secara terus menerus yang memiliki tindakan yang sama dengan padanan kata lain berarti ada maksud khusus atau pemahaman yang hanya bisa disampaikan melalui kata tersebut. Dalam kutipan tulisan di atas, kata “membelanjakan”, “mengeluarkan”, dan “menginvestasikan” memiliki tindakan yang sama bagi keuangan negara, yaitu uang negara berkurang.

trus kenapa obama menggunakan kata yang sama secara terus menerus?

Ya… Tanyakan sendiri, supaya benar jawabannya. Menurut saya, Obama dengan sengaja ingin menyampaikan sesuatu di sana, sesuatu yang penting mengenai investasi. Ya… sesuatu tentang infrastruktur sebagai investasi.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: