Berlomba-Lomba untuk Pamer

Malam ini, saya sedang memenuhi salah satu hutang janji yang dulu pernah kami ucapkan.

Kami? Siapa aja emang?

Tentu saja bersama Srijoko (Joko), kami berjanji membuat kritik dan saran mengenai Pelaksanaan Program Magang (Mata Kuliah SI-4098 Kerja Praktek) yang kami ikuti bersama sebagai satu kelompok. Ya, bagi kami janji harus dipenuhi. Kalau memang tidak bisa dipenuhi bukan diabaikan tapi berkata kepada pemilik janji itu bahwa janji itu dibatalkan saja. Sekali lagi bukan diabaikan.

Kata demi kata dituliskan. Selesai. Saatnya pamer ke Joko, dan ke orang-orang yang biasa pamer juga.

Ah, pamer mulu, gini doang dipamerin, lagi pula seharusnya ini hal yang wajar. Kan demi kepentingan bersama. Bingung dah, jadi pamer gak ya…

O ya… Jangan salah, pamer di sini bukan pamer sombong, tapi lebih ke arah aktualisasi diri saja. Saya bisa bikin (karya) ini, kamu bisa bikin (karya) apa. Semua orang bisa pamer karya. Bukan pamer barang-barang mewah yang sering dilakukan oleh orang-orang yang kebetulan kaya.

Langsung saja teringat hal yang dulu pernah saya dapat. Entah kapan, yang jelas sudah lama sekali sampai tidak ingat kapan. Sering kali orang-orang terjebak dalam perlombaan untuk menyombongkan diri yang akhirnya menjatuhkan diri sendiri, tetapi sangat sedikit orang-orang yang bersedia berlomba-lomba untuk melakukan hal yang berguna untuk kepentingan bersama. Berlomba-lombalah mendahulukan kepentingan bersama.

Pamerkan hasil perlombaan tentang kepentingan bersama itu, maka akan ada rasa takut kehilangan rasa angkuh yang membuat keinginan mendahulukan pentingan bersama itu semakin tinggi.

Pamerkan hasil perlombaan tentang kepentingan bersama itu supaya sesama orang yang suka pamer dapat melihat bahwa dia punya teman seperjuangan. Seperjuangan dalam penderitaan mendahulukan kepentingan bersama dan mengesampingkan kepentingan pribadi.

Cobalah, maka kamu akan sadar bahwa tidak mudah untuk pamer.

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: