Belajar Ala Aleut!

Hari itu, saya mengikuti perjalanan bersama Komunitas Aleut!. Perjalanan tersebut menjadi perjalanan kedua saya walaupun saya belum terdaftar sebagai pengiat Aleut!. Dalam tulisan ini, saya tidak akan menceritakan perjalanan saya, tetapi kenyataan yang luput dari pemahaman saya. Sebelum melanjutkan cerita, saya akan mengambarkan apa itu Komunitas Aleut! dari informasi lembar isian bagi pengiat Aleut! yang saya peroleh.

Komunitas Aleut! adalah sebuah wadah belajar bersama melalui apresiasi sejarah dan wisata yang bersifat swadaya dan nonprofit. Para pengiat komunitas Aleut! terutama adalah generasi muda (mahasiswa-mahasiswi, siswa-siswi sekolah) serta masyarakat umum yang mempunyai minat dan kepedulian terhadap sejarah dan budaya, terutama dalam lingkup Kota Bandung dan sekitarnya.

Kegiatan Aleut! adalah kegiatan yang langsung terjun ke lapangan sehingga suasana selalu berganti-ganti setiap perjalanan. Diawali dengan persiapan, perjalanan yang diselingi dengan penjelasan-penjelasan tertentu sesuai tema, dan diakhiri dengan berbagi hal penting atau kesan yang didapat selama perjalanan. Banyak hal yang diperoleh dari kegiatan ini, termasuk memahami hal-hal yang mungkin luput dari pengamatan kita.

Dalam perjalanan itu, salah satu pengiat Aleut! menjelaskan bahwa bangsa kami (Bangsa Indonesia) adalah bangsa yang tidak suka belajar. Spontan otak saya berpikir, “Apa iya? Saya rasa tidak”. Alasan demi alasan untuk pembelaan diri karena tidak setuju dengan pendapat itu muncul dalam benak saya karena saya sendiri telah mengalami apa yang dimaksud dengan belajar.

“Ah dulu saya nakal, semenjak kuliah di ITB saya sekarang tahu apa itu belajar. Ya setidaknya pernah belajar karena keinginan sendiri lah”.

“Saya punya banyak temen yang suka belajar kok, emang temen-teman saya dan lingkungan mahasiswa masih kurang mewakili kalo bangsa ini suka belajar”.

Saya tetap diam, mendengarkan penjelasan selanjutnya dan membiarkan alasan-alasan yang ada tetap berputar-putar saja. Pengiat tersebut mengungkapkan bahwa alasan tidak suka belajar karena biaya yang dikeluarkan besar adalah omong kosong belaka. “Belajar itu murah“, kata pengiat yang membuat saya kembali tidak setuju.

“Murah dari mana? Jelas-jelas, kuliah di ITB tiap tahun makin mahal setiap”.

“Harga buku aja gak murah. Bajakan? Tidak menghargai karya oranglah”.

Saya tetap diam dan pengiat itu memberikan pembuktian pernyataannya, “Perpustakaan.  Perpustakaan sudah tersebar di mana-mana, khususnya di Kota Bandung ini. Tapi sangat jarang sekali ada orang yang memanfaatkan perpustakaan tersebut”.

Spontan saya terkejut, “Ah, sialan. Saya termasuk dalam kelompok orang yang tidak memanfaatkan fasilitas gratis tersebut”. Sebagai mahasiswa ITB, saya bangga karena jumlah perpustakaan yang dimiliki ITB. Ada perpustakaan pusat, perpustakaan jurusan, bahkan perpustakaan di tiap-tiap laboratorium. Sebagai mahasiswa ITB pula, saya malu karena tidak pernah belajar dengan optimal.

Ternyata masih banyak hal yang tidak saya pahami. Pengiat menutup penjelasan dengan berkata, “Belajar bisa di mana-mana dan tidak mahal“. Jika kita mengamati dengan baik gambaran yang saya berikan mengenai Komunitas Aleut!, ternyata komunitas ini juga wadah untuk belajar, belajar melalui apresiasi sejarah dan wisata.

Fasilitas telah banyak tersedia, apakah Anda ingin benar-benar belajar? Komunitas Aleut! adalah sebuah wadah belajar bersama melalui apresiasi sejarah dan wisata, apakah Anda ingin mencoba belajar bersama Komunitas Aleut!?

About Dode

Seorang mahasiswa Teknik Sipil yang sering disebut-sebut kurang kerjaan sampai mengerjakan hal-hal yang tidak perlu dikerjakan. View all posts by Dode

Leave a Reply

